Monday, August 26, 2013

Merayakan hari kemerdekaan di Pahawang, Lampung Selatan

Saya pergi ke sini bersama member backpackerindonesia.com (BPI) pada tanggal 16-18 Agustus 2013. Sebetulnya kita tidak hanya ke Pahawang saja, tetapi juga pergi ke pulau-pulau sekitarnya, pulau Pahawang sendiri merupakan pulau private yang dimiliki orang Prancis, yang ketika kita singgah ke sana, malah dikasih "warning" oleh penjaganya

Saya pikir spot snorkeling di pulau-pulau tetangga Pahawang justru lebih keren, dari mulai Pulau Kelagian, Tanjung Putus, Makhitam, Gosong dll yang mempunyai pemandangan laut yang luar biasa istimewa

Salah satu spot snorkeling di Tanjung Putus

Perjalanan dimulai malam hari pada tanggal 16 Agustus 2013 menggunakan bus Kampung Rambutan - Merak, bus dalam keadaaan sangat penuh, AC-nya sampai tak terasa, dengan kondisi begini saya tentu saja tak bisa tidur, tapi walaupun begitu saya bisa curi-curi dengar cerita penumpang lain dan ternyata kebanyakan di sana adalah backpacker !!!, ada yang mau ke Krakatau, Kiluan, Pahawang dsb-nya

Tips : sebaiknya jangan naik bus di gerbang terminal, lebih baik naik dari dalam saja, tidak apa-apa menunggu lama, lebih enak nunggu di dalam bus daripada di gerbang, kalo kita nunggu di gerbang bus bisa-bisa sudah penuh dan kita mungkin tidak dapat tempat duduk ideal/kehabisan tempat duduk

Sampai Merak, istirahat sebentar, lalu perjalanan dilanjutkan dengan naik Ferry. Ini pertama kali saya naik ferry hehe, dan lagi-lagi nggak bisa tidur karena lumayan mual dan berisik mendengar lawakan si Sule (TV gak bisa dimatikan), saya sebetulnya bawa antimo, tapi nggak diminum karena belum makan, Menjelang sampai bakauheni saya pindah ke geladak, nah di sini agak mendingan, saya tidak pusing lagi, angin malam menerpa sepoi-sepoi, aih nikmatnya, dari kejauhan saya sudah bisa melihat daratan pulau Sumatera. Perjalanan ini ditempuh selama 2 jam 30 menit

Tips : sebaiknya sediakan antimo walaupun kita bukan orang yang mudah mabuk, kan lumayan pengaruh obat bisa menyebabkan kita tidur

P1010498 P1010496

Sampai di Bakauheni sekitar pukul 03:00 WIB, perjalanan diteruskan  dengan menggunakan mobil sewaan yang akan menuju ke Bandar Lampung, di mobil ini semua peserta TIDUUR dengan damainya hihi, mereka balas dendam karena sulit tidur ketika di kapal, kasihan pak supir menembus jalanan dini hari tanpa ada yang menemani "halah", di tengah perjalanan istirahat sebentar untuk sholat subuh, gosok gigi, makan pagi dll, lalu dilanjutkan kembali ke Bandar Lampung untuk menjemput salah satu peserta yang datang dari Palembang

Dari Bandar Lampung, perjalanan diteruskan ke pelabuhan Ketapang, menjelang masuk pelabuhan, kita melewati lembah yang di dasarnya ada lautan membentang, di ujung lautan keliatan berbagai pulau, pemandangannya indah sekali, sayang kami nggak memfoto lembah ini

Sampai di pelabuhan Ketapang, saya merasa lega, penderitaan perjalanan yang lumayan lama sudah bisa terbayarkan di sini, dari Ketapang berbagai kepulauan sudah keliatan, Pulau Kelagian pun seperti melambai-lambai mengundang saya untuk ke sana, uiih indah sekali rasanya, saking saya menikmati pemandangan ini yang tadinya kebelet pengen pipis tiba2 jadi lupa hihihi, Perjalanan Ketapang - Pulau Kelagian ditempuh dalam waktu 30 menit

Menuju pulau KelagianHomestay di Pulau Kelagian
Homestay yang kita tempati cukup sederhana, terdiri dari 2 ruangan, muat ditempati sampai 16 orang, di Pulau ini listrik hanya menyala di malam hari. Kami istirahat sebentar lalu dilanjutkan dengan snorkeling sepuasnya sampe sore hehe, saya nggak ingat kita mengunjungi pulau mana aja, yang jelas singgah dari pulau ke pulaunya mungkin sampai 3-4 kali, pada saat itu kita juga sempat singgah di Pulau Pahawang yang sialnya nggak saya foto karena baterai kamera sudah keburu habis

Foto-foto saat snorkeling di hari pertama :

P1010538 P1010539 P1010657 P1010673 P1010754 1_P1010809
Sorenya setelah lelah bersnorkeling ria, saya dan beberapa teman berinisiatif ikut watersport donut, yang merupakan perahu karet yang berbentuk mirip donat, diisi 5 orang lalu ditarik dengan speed boat, wiih bikin sport jantung dan badan remuk dengan goncangan2 dahsyatnya, seru banget deh hehe

Setelah itu dilanjut dengan acara bersih-bersih dan malamnya acara bebas (ngobrol, nyanyi2), saya pribadi karena udah capek, selesai makan malam sekitar jam 8 langsung tepar di pulau kasur, tidurnya nyenyak banget, one of the best sleep that i've ever had, kata temen2 sih malem itu nyamuknya banyak, entah kenapa saking capeknya itu nyamuk gak terasa

Besok paginya setelah bersih-bersih, sholat lalu langsung hunting sunrise, walaupun agak mendung akhirnya dapat juga fotonya, lumayan lah

3_MARKED_P1010843

Sekitar jam 7-an, kita berangkat lagi, entah menuju  ke pulau mana (lupa), kita melakukan 2-3 kali snorkeling yang pemandangan lautnya tidak kalah dari hari sebelumnya, oh iya di sini juga kita sempet berhenti di semacam apa ya, sebuah pulau mini (diameternya mungkin cuma 10-20 meter aja), pasirnya lembut, airnya jernih dan lumayan berhenti lama untuk foto2

Di bawah ini foto panorama 3D pulau mini tsb, untuk melihat ini perlu install Microsoft Silverlight di browsernya, tekan tombol panah kiri-kanan di keyboard untuk melihat sekeliling

Di sesi kunjungan pulau terakhir, hanya 3-4 orang saja yang snorkeling, mungkin udah mulai kelelahan kali yaa, sisa rombongan paling foto-foto aja di pulau sambil bikin upacara bendera kecil-kecilan

P1020028 P1010952 P1010981 P1020093 5_Marked_P1010608

Setelah itu kita pulang ke pulau Kelagian, sampai kira-kira pukul 11:00 WIB, diteruskan dengan bersih-bersih untuk persiapan pulang, selepas pukul 12.30 WIB kita pulang kembali menyeberang ke pelabuhan Ketapang, lalu dilanjut ke Bandar Lampung sambil beli oleh-oleh, makan Bakso (enak loh baksonya) dan berpesta durian hehe, sekalian juga ngedrop peserta yang dari Palembang

Dari Bandar Lampung, langsung meluncur ke Pelabuhan, di tengah jalan beberapa peserta ingin buang air besar termasuk saya (maklum kebanyakan makan), sialnya gak ada yang jual sabun, yo wiss cebok pake Shampoo pun gak masalah lah wkwkwk

Sampai di Pelabuhan Bakauheni, malam sudah menjelang, beruntung tidak ada tanda-tanda kepadatan arus balik, jadi begitu beli tiket langsung masuk ke kapal, nah kapal ini lebih nyaman daripada kapal sebelumnya, alhasil saya bisa tidur, perjalanan 2 jam 30 menit jadi tidak terasa, sampai pelabuhan merak kira-kira pukul 23:00 WIB, lalu dilanjut dengan menggunakan bus Merak-Bekasi yang ngetemnya lama sekali di terminal, sampe rumah jam 03:30 WIB subuh deh

Kesimpulan : Saya merasa PUAS dan TIDAK PUAS, puas karena kenyang akan snorkeling dan pemandangan bawah laut yang indah, TIDAK PUAS karena, well saya ketagihan dan pengen ke sini lagi "duh"

Perincian Biaya :
Kapal Merak - Bakauheni, Sewa Mobil Bakauheni - Ketapang,  Sewa kapal kecil keliling pulau, sewa homestay 1 malam, Makan 5x :  Rp 485.000
Bus AC Kp Rambutan - Merak : Rp 26.000

Watersport Canoe : Rp 20.000
Oleh-oleh : sakarepmu :D

1 comment:

1. keren mas. pemandangannya. kayak di kampung ku juga.